Ilmu karbit, (apakah) mental (juga) karbit..

karbit

Karbit atau Kalsium karbida adalah senyawa kimia dengan rumus kimia CaC2. Senyawa dengan bau yang aneh, dan guna yang aneh-aneh juga. Bagi Mbah kakungku, karbit biasa pakai bahan ini untuk mempercepat pematangan buah pisang atau mangga (hasilnya manis banget, tetapi agak “mblenyek” karena ga alami lagi mungkin). Bagi anak kecil, karbit biasa dipakai untuk petasan(indonesia)/dor-doran (trenggalek)..

Caranya cari suatu bahan yang berongga (bisa bambu,paralon atau botol dari besi/seng), miringkan dan isi air didasarnya. Masukkan karbit dan setelah “x” detik sulut dengan api…dduuuooorr..ha ha senangnya.. Berdasar hukum maxwell tentang perambatan partikel, dan efek dopler penguatan energi suara (nyambung ndak ya..) kualitas dan kuantitas suara ledakan dipengaruhi oleh jumlah massa H20, total massa karbit yang dilarutkan, besar rongga dan panjang rongga (wuiih kerene arek cilike)..

dor-doran

Back to topik.

Tadi sore sempat dengar pernyataan dari bapak soni, sekarang banyak siswa/mahasiswa “karbitan” yang menempuh studi dalam waktu yang “dipercepat”. Dipercepat untuk mencapai suatu tahap ilmu tertentu. Sesuai dengan sifat alami karbit, senyawa ini bisa mempercepat proses pematangan, tetapi “kurang” bisa mempertahankan sifat alami benda. Dan biasanya sesuatu (buah) yang mendapat “gangguan” karbit akan menjadi cepat kusut atau layu.

Trus piye dengan nasib para siswa/mahasiswa karbit tersebut?. Bisa saja mereka “setengah terpaksa” mengambil jalan karbit itu. Terpaksa karena dorongan keiginan orangtua, dorongan keterbatasn ekonomi orang tua yang tidak bisa memberi kiriman secara lifetime, atau karena beasiswa yang kadang “tega” memberi batas studi atau alasan lain. Apakah mentalnya juga akan cepat “layu” kalau mendapat suatu cobaan.

Tentu tidak ada satu jawaban khusus dari satu orang yang bisa ditarik umum untuk semua orang, dan tidak ada satu jawaban umum yang pasti bisa berlaku untuk tiap orangnya. Yang pasti satu hal, karbit “cuma” sebagai senyawa katalisator, berhasil tidaknya ada di tiap orangnya.

..gud luck kawan..
>>salah satu mahasiswa karbit<<

About these ads
  1. pisang dikarbit khan buat cepet dimakan…
    mahasiswa dikarbit khan buat jadi kuli COMPENI’ :D…(sama lah)

    • ha2..yo sama dalam arti cepet. tapi kalau pisang jadi “mblenyek” moso mahasiswa juga “mblenyek”..
      nek ngendi le..lek usaha warnet melu aku..

      >>setidake ga dadi kuli meski ga nduwe anak buah, he2<<

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: